Netmarble

Netmarble

8 June, 2021

Netmarble Corp. adalah developer game seluler asal Korea Selatan. Netmarble ini adalah perusahaan game seluler terbesar di Korea Selatan yang didirikan pada tahun 2000 oleh Bang Jun-hyuk.

Netmarble mengembangkan dan merilis Lineage 2 Revolution pada tahun 2015 dan dirilis ke publik pada tahun yang sama. Pada 2019 game L2R menjadi salah satu produk terlaris di pasarnya; dengan pendapatan lebih dari 924 juta dolar dalam jangka waktu 11 bulan sejak dirilis. Sejak saat itu, Netmarble terus mengencangkan arus untuk mengisi kelebihan L2R. Netmarble juga memproduksi game mobile bergaya role-playing.

Pada 2015, Netmarble total memiliki lebih dari 3.000 karyawan dan melayani lebih dari 120 negara di seluruh dunia. Pada Mei 2017, sang pendiri mempublikasikan perusahaan tersebut mampu mengumpulkan pendapatan total $ 2,4 miliar.

Netmarble secara luas dikenal hebat dalam mengembangkan game mobile termasuk Seven Knights , Raven, dan Everyone ‘s Marble . Netmarble ternyata juga mengklaim sebagai pemegang saham besar di SGN , pengembang game kasual, dan memiliki kemitraan strategis dengan CJ E&M Corporation.

Lanjut sejak 2015, perusahaan telah melisensikan properti milik Disney untuk berkolaborasi memproduksi game seperti Marvel: Future Fight (2015), Disney Magical Dice (2016), dan Star Wars: Force Arena (2017).

Pada tahun 2018, Netmarble berubah kepemimpinan dengan menunjuk Park Sean sebagai CEO barunya . Park, mantan chief strategy officer operator KakaoTalk , mengepalai Netmarble tidak sendiri melainkan bersama kepala incumbent Kwon Young-sik.

Pada April 2018, Netmarble bergerak mengakuisisi 25,71% di Big Hit Entertainment , agensi boy band Korea BTS dan TXT , dengan menjadi pemegang saham terbesar kedua.

Namun patut disayangkan kemitraan Netmarble dan Disney memburuk secara signifikan menjelang akhir 2018 ketika kBr pertama muncul dengan mengumumkan bahwa mereka tidak dapat lagi mendukung game Disney Magical Dice dan Star Wars: Force Arena , dan pada akhirnya kedua game terebut ditutup.

Salah satu publisher game paling berpengaruh di Indonesia, yang berasal dari negeri ginseng Seoul, Korea Selatan, ini mewarnai game online Indonesia dengan hadir di pc maupun seluler apalagi jika Anda senang bermain warnet, seperti Seven Knight dan Lets Get Rich. Pada zamannya, kedua game itu adalah juaranya untuk dikalangan gamers dengan smartphone.

Patut kita akui zaman dan teknologi terus berkembang dengan cepat dan Netmarble nampaknya belum bisa menyeimbangkan hal tersebut yang menyebabkan peminatan terhadap game Netmarble mulai menyusut. Dan kini, masa kehabisan publisher legendaris tersebut sepertinya telah datang.

Kabar buruk tersebut datang dari CEO Netmarble Indonesia, Tiger Hong, a.k.a Om Botak. Ia mengabarkan lewat postingan Facebook miliknya, yang mengatakan bahwa Netmarble Indonesia secara resmi ditutup. Netmarble Indonesia kurang lebih telah berjalan 10 tahun untuk membahagiakan gamers dari mulai di warnet hingga di smartphone dan juga membahagiakan para pekerjanya disana.

Selain itu juga, Om Botak mengucapkan terimakasih kepada para gamers dan karyawan Netmarble yang telah bersama membesarkan nama Netmarble, dibarengi dengan ucapan perpisahan sebagai tanda telah tutup usia Netmarble Indonesia dan juaga dijelaskan bahwa dirinya akan lanjut bekerja untuk COWAY Indonesia.

Dan untuk para gamer yang masih memainkan Get Rich dan Seven Knight, jangan risau karena game tersebut masih bisa dimain kan dengan normal, namun belum ada kepastian apakah game – game Netmarble kedepannya akan dipindah kepemilikan atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *